Akibat Kelebihan dan Kekurangan Vitamin B7 (Biotin)

VITAMIN B7 (BIOTIN)
Biotin atau disebut juga dengan vitamin B7 merupakan salah satu vitamin B yang juga larut dalam air. Vitamin B7 banyak juga yang mengenalnya dengan vitamin H memiliki peran yang sangat penting bagi tubuh yaitu berperan dalam reaksi biokimia seperti dalam mentransfer karbondioksida dan metabolisme karbohidrat dan lemak. Namun vitamin ini dimasukan kedalam vitamin B kompleks karena struktur kimianya berbeda-beda juga memiliki sifat yang cukup stabil diberbagai kondisi lingkungan seperti panas, paparan cahaya matahari, dan oksigen. Vitamin ini juga mudah didapatkan dalam makanan sehari-hari baik dalam sayur-sayuran, buah-buahan maupun lauk pauk yang bisa menjadi sumber vitamin tersebut.

SUMBER VITAMIN B7 NABATI
1.      Swiss Chard
Merupakan tanaman hijau yang banyak mengandung biotin. Tanaman hijau ini digunakan sebagai salad. Sayuran hijau ini banyak mengandung biotin sekitar 10,5 mcg dalam satu cangkir. Selain itu, selada, bayam juga banyak mengandung vitamin B7. Tentu swiss chard tidak hanya mengandung biotin, tapi juga vitamin C dan vitamin A.
2.      Wortel
Secara umum, wortel mengandung beta karoten yang mampu menyehatkan mata. Namun ternyata wortel juga mengandung biotin. Untuk konsumsi harian, wortel yang dikonsumsi bisa mencapai 5 buah untuk mendapatkan sekitar 50 mcg biotin pada wortel.
3.      Kedelai
Kacang kedelai banyak dimanfaatkan di Indonesia. Selain sebagai susu kedelai, kedelai lebih populer dijadikan sebagai tempe. Dalam 100 gram kacang kedelai atau setara dengan setengah cangkir mengandung biotin sebanyak 60 mcg. Namun susu kedelai tidak mengandung vitamin B7 dan lebih baik mengkonsumsi susu sapi atau kambing jika ingin memenuhi kebutuhan biotin dari susu.
4.      Kacang-kacangan
Berbagai kacang-kacangan seperti kacang almond dan kenari merupakan sumber makanan alami yang banyak mengandung vitamin B7. Apalagi kacang kenari dan almond mengandung omega 3. Dimana cocok untuk perawatan kulit kepala dan perawatan untuk kesehatan rambut dan kuku. Sehingga selain banyak mengandung biotin, kacang almond dan kenari merupakan makanan yang cocok untuk kesehatan.
5.      Buah-buahan
Beberapa jenis berry seperti strawberry kemudian pisang, dan buah lainnya juga mengandung banyak vitamin B7. Selain buah-buahan tersebut merupakan buah yang baik untuk pemenuhan gizi dan sebagai antioksidan di dalam tubuh.
6.      Sayuran Hijau
Sayuran hijau yang termasuk mengandung banyak biotin adalah bawang, mentimun, kembang kol. Karena ketiga jenis sayuran ini sudah banyak di konsumsi di Indonesia, maka Anda tidak perlu cemas untuk tidak memenuhi biotin dari jenis sayuran. Namun tentu juga memenuhi dengan sayuran lainnya untuk kebutuhan vitamin yang lain.
7.      Roti Gandum
Dari tanaman gandum bisa diolah menjadi roti gandum. Dalam satu irisan roti gandum ini mengandung biotin sebanyak 0,2 sampai 6 mcg. Tentu dipengaruhi oleh merek roti, tebal irisan, dan juga kandungan gandum pada roti tersebut. Biotin yang terkandung pada roti gandum lebih banyak dibandingkan pada roti tepung terigu. Jika ingin memenuhi kebutuhan biotin harian, gunakanlah roti gandum dengan kandungan 100% murni gandum.

SUMBER VITAMIN B7 HEWANI
1.      Telur Ayam
Telur bagus untuk dikonsumsi ke dalam tubuh. Namun, telur juga dapat membuat tubuh kehilangan banyak biotin. Telur mengandung biotin pada kuning telurnya, namun pada putih telur saat masuk ke dalam tubuh dapat membuat tubuh kehilangan biotin (dalam konsumsi yang terlalu banyak telur). Sehingga untuk mendapatkan biotin yang tepat, pisahkan putih telur dari kuning telurnya. Dikarenakan pada putih telur mengandung protein avidin yang mengikat biotin pada tubuh dan mengeluarkannya. Sebutir telur mengandung antara 13 sampai 25 mcg biotin. Dipengaruhi oleh ukuran telur dan jenisnya. Manfaat lain biotin pun terdapat pada telur. Dengan mengkonsumsi telur dalam beberapa kali setiap minggunya dapat membantu pertumbuhan rambut.
2.      Susu Sapi dan Susu Kambing
Selain mengandung kalsium dan zat lain yang bermanfaat, susu sapi dan susu kambing juga mengandung biotin yang cukup banyak. Sehingga mengkonsumsi susu ternyata baik untuk kesehatan. Jangan mudah terpengaruh bahwa minum susu bisa mengeroposkan gigi atau bahkan dianggap masih seperti anak-anak, karena jelas dan nyata manfaat susu banyak sekali.
3.      Ikan Salmon dan Ikan Halibut
Ikan salmon dan ikan halibut juga mengandung banyak biotin. Dengan takaran 3 ons, ikan salmon mengandung vitamin B7 sebanyak 4 sampai 5 mcg. Apalagi ikan salmon ini tidak kehilangan kandungan vitamin B7nya dalam berbagai cara diolahnya, seperti kalengan, dibakar, digoreng, ditumis, dan dijadikan sup. Untuk ikan halibut sendiri selain mengandung omega 3 yang bagus untuk otak, ternyata juga mengandung biotin yang banyak. Sehingga bisa dijadikan pengganti ikan salmon jika Anda tidak mengkonsumsi ikan salmon.
4.      Hati
Daging hati hewan juga mengandung vitamin B7. Dengan mengkonsumsi daging hati 3 ons telah memenuhi seluruh kebutuhan biotin harian. Biotin yang terkandung di hati sekitar 27 sampai 35 mcg. Walaupun hati sendiri banyak mengandung kolesterol dan lemak sehingga jarang dikonsumsi berlebihan. Daging hati yang mengandung vitamin B7 adalah daging hati sapi, ikan salmon dan halibut.
5.      Keju
Keju merupakan favorit bagi orang-orang Amerika dan Eropa. Dalam satu ons keju cheddar mengandung vitamin B7 sebanyak 0,4 sampai 2 mcg biotin. Mungkin dalam menkonsumsi satu ons keju langsung merupakan hal yang tidak umum, Anda bisa menambahkannya ke dalam roti, salad, sehingga asupan biotin Anda semakin lengkap. Keju banyak jenisnya, dari keju swiss, keju colby, keju jack yang mana mengandung biotin dengan kadar yang berbeda-beda.

FUNGSI VITAMIN B7
Vitamin B7 membantu metabolisme protein dan metabolisme adalah sekutu penting dari vitamin B lainnya, seperti folat dan pantotenat asam, dan vitamin B12.Selain itu, terlibat dalam dekomposisi asam lemak dalam pembakaran lemak.
Vitamin B7 juga memainkan peran penting dalam metabolisme karbohidrat, berinteraksi dengan hormon insulin pankreas.Selanjutnya, biotin terlibat dalam produksi disebut glukokinase - zat yang memicu metabolisme glukosa.Glukokinase diproduksi di hati di tempat yang sama di mana disimpan biotin.Hal ini sangat penting bagi penderita diabetes yang kadar glukokinase di hati diturunkan.
memainkan peran yang cukup vitamin B7 dan glikogen sintesis - terakumulasi dalam hati dan otot karbohidrat, dan asimilasi saham-saham di apa yang disebut glukoneogenesis, di mana 16 dari 22 asam amino yang diubah menjadi glukosa.Proses ini sangat penting untuk menjaga tingkat gula darah stabil.Dengan demikian, vitamin B7 menstabilkan gula darah. Fungsi utama vitamin B7
1.      membantu menghasilkan energi;
2.      terlibat dalam sintesis asam lemak dan regulasi metabolisme lipid;
3.      meningkatkan metabolisme meningkatkan metabolisme dan menurunkan berat badan tanpa diet ;
4.      membantu dalam pengobatan penyakit Parkinson, penyakit Crohn, sindrom Rett dan kandidiasis vagina;
5.      membantu memperlambat rambut beruban dan kebotakan dini;
6.      mempercepat penyembuhan jaringan;
7.      menurunkan tingkat kolesterol dalam darah.

KEBUTUHAN HARIAN VITAMIN 7
Takaran untuk dosis orang dewasa terutama pria, dapat mencapai 30 mcg biotin setiap harinya. Lalu kemudian untuk remaja usia dari 14 sampai 18 tahun membutuhkan lebih kecil vitamin B7 dibandingkan pada orang dewasa, yaitu sekitar 25 mcg. Lalu usia dibawah 14 tahun bisa menkonsumsi vitamin B7 antara 5 mcg sampai 20 mcg setiap harinya.

GEJALA AKIBAT KELEBIHAN VITAMIN B7
1.      Keracunan
Kelebihan vitamin B7 atau biotin ini ternyata dapat membut keracunan di dalam tubuh, hal ini diakibatkan karena tidak mampunya tubuh untuk menyerap banyaknya B7 yang masuk sehingga B7 akan menyebar kemana saja, padahal bisa jadi tubuh itu belum membutuhkan B7
2.      Tubuh Menjadi Lemas
B7 memang membantu untuk memperkuat kekebalan tubuh, sehingga tubuh tidak mudah merasa lelah, tatapi jika tubuh terlalu banyak mengkonsumsi biotin, justru tubuh akan merasa kesulitan untuk mengatur biotin atau B7 ini sehingga tubuh akan menjadi lemah.
3.      Kulit Menjadi Rusak
Sejatinya B7 memang menjaga kesehatan kulit, namun jika kulit terlalu banyak menerima vitamin B7 atau biotin maka kulit akan rusak.
4.      Rusaknya Metabolisme pada Tubuh
Hampir sama dengan tubuh menjadi lemas, metabolisme tubuh akan terganggu jika terlalu banyak mengkonsumsi vitamin B7 atau biotin, itu sebabnya kita harus menjaga agar vitamin B7 tudak terlalu banyak masuk ke tubuh kita.

PENYEBAB KEKURANGAN VITAMIN B7
Penyebabnya cukup banyak, bahkan mereka yang jarang mengkonsumsi sumber makanan yang mengandung vitamin B7 pun dapat mengalami kondisi tubuh yang menurun. Makan makanan seperti putih telur yang terlalu sering dapat membuat vitamin B7 tidak terserap ke dalam tubuh. Mengapa putih telur dapat mencegah vitamin B7 terserap ke dalam tubuh? Putih telur yang sering dimakan mengandung avidin dimana dapat mengikat biotin. Avidin ini banyak terdapat pada protein putih telur. Jika memasak dengan matang, itu tidak masalah karena avidin akan sangat berkurang dibandingkan dengan memasaknya setengah matang.
Biotin ternyata dibuat oleh bakteri di dalam tubuh. Sebab kekurangan selanjutnya adalah vitamin B7 tidak mampu dibuat dikarenakan pada usia bayi belum memiliki bakteri tersebut untuk menciptakan biotin. Sehingga bayi cenderung mengalami defisiensi vitamin B7. Untuk itu tidak perlu antibiotik, hanya perlu pemberian vitamin secara tetes kepada bayi. Selain itu tentu bagi orang dewasa sebab utama kekurangan vitamin biotin (B7) adalah tidak adanya variasi konsumsi makanan bergizi dalam kesehariannya.

GEJALA AKIBAT KEKURANGAN VITAMIN B7
1.      Membuat Rambut, Kuku dan Kulit Terganggu
Pada dasarnya biotin dapat atau B7 ini dapat menjaga kesehatan rambut, kuku dan kulit, jika biotin tidak tercukupi dalam tubuh maka, kemungkinan akan membuat berbagai masalah yang terdapat pada rambut, kulit, dan kuku baik seperti rambut rontok, kerusakan jaringan kulit, maupun kuku menguning.
2.      Membuat Kulit Kusam
Biotin sejatinya memiliki manfaat untuk mempercantik kulit, termasuk kulit wajah, namun tak hanya itu, kehalusan dan ketidak kusaman kulit ini juga dapat diwujudkan dengan biotin, biotin memiliki fungsi untuk mengembalikan warna kulit agar kembali cerah dan tidak kusam lagi. Sehingga orang yang kekurangan biotin akan membuat kulit menjadi kusam.
3.      Proses Metabolisme Tubuh Menurun
Semakin sedikitnya biotin yang ada pada tubuh manusia akan membuat semakin berkurangnya proses metabolisme tubuh yang akan membantu memproses nutrisi-nutrisi dari makanan yang kita konsumsi. Jadi harus adanya biotin yang tercukupi agar metabolisme dalam tubuh tidak terganggu atau dapat berfungsi maksimal.
4.      Berat Badan Tidak Stabil
Kadang berat badan menjadi hal yang paling ditakuti khususnya bagi kaum hawa ketika berat badannya bertambah, tentunya akan merubah penampilan mereka. Sedangkan dengan biotin yang tidak teratur atau tidak tercukupi ditubuh akan membuat berat badan tidak stabil, bahkan bisa menjadi gemuk (obesitas).
5.      Kelainan Jantung
Jantung merupakan organ yang sangat penting dalam tubuh kita lewat organ jantung lah proses penyaluran dan penyebaran darah ke seluruh tubuh dilakukan. Banyak pada saat ini makanan yang kita konsumsi berbahaya bagi jantung kita sehingga jantung kita mudah terserang berbagai masalah kesehatan yang menghinggapi jantung kita. Apalagi tidak mengkonsumsi vitamin B7 secara cukup, tentu hal ini juga menjadi pemicu untuk mengakibatkan kelainan pada jantunglagi. Sehingga sulit sekali untuk mendapatkan tubuh yang sehat.
6.      Kelebihan Gula Darah
Makanan merupakan salah satu asupan yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Namun tidak semua orang memperhatikan apa yang ia konsumsi. Kadang lebih mementingkan urusan lidah daripada apa yang terkandung dalam makanan yang ia konsumsi sehingga timbul berbagai macam penyakit dan gangguan-gangguan terhadap tubuh kita seperti meningkatnyagula darah dalam tubuh kita. Karena saking sukannya dengan makanan kadang kurang memperhatikan dengan kandungan yang ada didalam makanan, selain itu kekurangan biotin juga akan menyebabkan sulitnya tubuh untuk mengontrol gula darah yang ada di dalam tubuh akibat makanan yang dimakannya.
7.      Infeksi pada Vagina
Vagina merupakan organ vital yang sangat sensitif bagi wanita. Masalah-masalah pada organ vital ini pun sering terjadi baik yang disadari maupun yang tidak disadari. Namun jika biotin tidak tercukupi di dalam tubuh, besar kemungkinan infeksi vagina ini akan terjadi, karena tidak adanya vitamin yang menjaga vagina ini.
8.      Pernafasan Terganggu
Sejatinya Vitamin B7 atau biotin membantu kita mengatur proses pernafasan yang terjadi saat menghirup oksigen, jadi memudahkan kita menyuplai oksigen dengan baik. Namun jika biotin tidak ada di dalam tubuh, atau sangat kurang di dalam tubuh dapat menyebabkan pernafasan menjadi terganggu.
9.      Luka Sulit Disembuhkan
Tak hanya untuk pernafasan tetapi ternyata dengan vitamin B7 atau biotin membantu proses penyembuhan luka kita tidak perlu khawatir saat terjadi luka. Tetapi jika dalam tubuh tidak ada biotin maka luka yang terjadi di dalam tubuh akan sulit untuk disembuhkan.
10.  Mudah Lelah
Yang terlalu banyak membuat tubuh menjadi lelah, apalagi jika tubuh kekurangan vitamin B7 maka metabolisme tubuh akan berkurang sehingga akan kesulitan untuk mengatur tubuh, hingga tubuh menjadi cepat lelah.

PENYAKIT AKIBAT KEKURANGAN VITAMIN B7
1.      Dermatitis. Yaitu peradangan pada kulit atau infeksi kulit, biasanya jenis dermatitis seboroik. Ditandai dengan pengelupasan dan gatal pada kulit. Jika mengenai kepala, dapat mengalami kebotakan. Lalu dapat mengalami juga masalah pada otot dan rambut. Kulit pun menjadi bersisik serta kuku menjadi lebih rusak.
2.      Hyperesthesia dan Paresthesia. Yaitu menyerang pada bayi, kemudian indera mengalami peningkatan abnormal yaitu hyperesthesia. Lalu Paresthesia adalah kondisi dimana kulit akan mengalami kesemutan dan mati rasa.
3.      Keratokonjungtivitis. Yaitu adanya konjungtiva pada mata. Sehingga imunitas pun menurun. Sehingga tubuh akan mengalami gangguan dalam mempertahankan diri dari bakteri berbahaya atau virus berbahaya.
4.      Anorexia. Merupakan gejala kekurangan vitamin B7 yang ditandai dengan nafsu makan yang menurun drastis. Jika terjadi pada bayi akan mengakibatkan menghambatnya pertumbuh mental dan fisiknya. Sedangkan orang dewasa juga dapat mengalami penurunan nafsu makan ini.
5.      Anemia. Kekurangan vitamin B7 juga dapat mengakibatkan anemia pada tubuh. Sehingga oksigen yang dibawa oleh hemoglobin tidak dapat lagi mengikat oksigen. Secara fisik biasanya ditandai dengan lesu dan kelelahan.
6.      Tidak biasanya fungsi jantung, tepatnya gangguan elektrokardiografi. Sehingga fungsi hati dan jantung tidak dapat berfungsi secara normal.

MENGATASI KELEBIHAN DAN KEKURANGAN VITAMIN B7
Itulah efek dari kelebihan dan kekurangan biotin, bagaimana caranya agar biotin tidak berlebih dan tidak kurang, caranya sangat mudah sekali yaitu dengan berbagai tips dibawah ini :
1.      Harus mengetahui kadar biotin yang ada di dalam tubuh
2.      Jika biotin berlebih maka kurangilah konsumsi makanan yang mengandung biotin
3.      Jika biotin kurang dalam tubuh maka perbanyaklah mengkonsumsi biotin, seperti sudah diuraikan diatas, beberapa makanan yang mengandung banyak B7
4.      Berusaha selalu menjaga kestabilan B7 atau biotin agar badan terus sehat
Kekurangan vitamin B7 atau biotin sangat merugikan bagi tubuh kita. Ternyata untuk saat ini belum ada kasus tentang kelebihan / keracunan biotin baik yang mengalami gejala ringan maupun sampai penyakit kronis dikarenakan vitamin B7 relatif aman bagi tubuh kita mengingat vitamin ini larut dalam air sehingga kelebihannya mudah dikeluarkan segera oleh tubuh. Jadi untuk saat ini skala untuk mengkonsumsi vitamin B7 secara berlebihan masih dianggap aman bagi tubuh kita dikarenakan masih belum ada gejala-gejala dan gangguan-gangguan yang timbul bagi tubuh. Dengan kita tahu tentang biotin atau vitamin B7 semoga dapat memberi pengetahuan kepada kita arti dan makna bagi asupan bagi tubuh kita itu sendiri.

No comments for "Akibat Kelebihan dan Kekurangan Vitamin B7 (Biotin)"

loading...
loading...