Download DKBM (Daftar Komposisi Bahan Makanan) Indonesia dan Internasional

Daftar Komposisi Bahan Makanan (DKBM) idelanya dimiliki semua negara, oleh karena komposisi gizi di dalam makanan akan berbda antar negara/daerah/regional. Zat gizi yang dikandung makanan tergantung pada varietas, kesuburan, kematangan, prosedur pengujian dan lain-lain. Di Indonesia banyak lembaga yang telah melakukan pengujian, namun tidak satupun yang sudah lengkap baik item makanan yang diuji maupun kelengkapan jenis zat gizi yang diuji. Sebagai contoh Depkes, melalui Penerbit Barata pada tahun 1967 telah mengluarkan DKBM untuk sejumlah lima ratusa bahan makanan dengan komposisi zat gizi makro, beberapa vitamin dan mineral. Dalam DKBM ini belum dicantumkan (karena pada waktu itu belum dilakukan pengujian) tentang Asam Amino, Asam Lemak, itamin dan mineral lainnya.
Daftar komposisi nilai gizi bahan makanan berisikan nilai gizi dari beragam pangan yang biasa dikonsumsi masyarakat Indonesia. Daftar ini berguna untuk merencanakan hidangan makanan yang baik dan memenuhi kecukupan zat gizi  serta sebagai penilaian pada konsumsi makanan sehari-hari apakah telah memenuhi kecukupan zat gizi. Daftar komposisi gizi bahan makanan ini ditujukan kepada semua pihak yang bersangkutan dengan makanan atau gizi, seperti: para petugas kesehatan dan gizi, ahli teknologi makanan, pengusaha makanan, pertanian, siswa sekolah dan lain-lainnya.
Indonesia merupakan salah satu negara yang jarang mengupdate Daftar Komposisi Bahan Makanan (DKBM) yang dimilikinya, alasannya adalah karena banyaknya varietas makanan yang dimiliki dan satu hal lagi keterbatasan anggaran untuk melakukan update (analisis kandungan gizi) database.
Munking sebagian besar pembaca yang bukan penggiat gizi bertanya-tanya, apa yang dimaksud dengan DKBM. DKBM merupakan sebuah database, apakah dalam bentuk buku atau file yang terdiri atas nama bahan makanan apakah itu siap saji atau mentah beserta dengan nilai gizinya per 100 gram bahan. Contohnya: Beras, beras ada beberapa jenis, misalnya: beras putih giling, beras setengah giling, beras ketan putih, beras ketan hitam, dll, dan setiap jenis beras tersebut tercantum nilai gizi berupa energi, protein, lemak, karbohidrat, vitamin, dan mineral.
Saat ini DKBM yang beredar di pasaran sangat beragam salah satu contoh adalah DKBM yang diterbitkan oleh Dewan Pimpinan Pusat Persatuan Ahli Gizi Indonesia (DPP PERSAGI) yang diberi nama Tabel Komposisi Bahan Makanan Indonesia. Buku ini merupakan kumpulan dari beberapa database DKBM lama dan tambahan beberapa hasil penelitian.
Contoh DKBM (Daftar Komposisi Bahan Makanan) Indonesia:

Dibawah ini merupakan macam-macam DKBM yang digunakan di Indonesia maupun di Luar Negeri :
1.      DKBM Nutriclin
Nutriclin merupakan salah satu software revolusioner yang dikembang oleh KEMENKES untuk membantu tugas ahli gizi dalam melakukan konsultasi gizi, hingga saat ini Nutriclin sudah memiliki versi 3.0. Berikut kami akan memberikan kepada anda salah satu databese DKBM yang digunakan oleh Software Nutriclin versi 2.0. Untuk mendownload DKMB Nutriclin bisa click link download di bawah ini :
https://docs.google.com/open?id=0B3MPwptVBOQ7bVBDWjVjTVp4SE0
*referensinya : Depkes (2005), Piranti Lunak NutriClin versi 2.0 edisi kedua, Subdit Gizi Klinis, Departemen Kesehatan Indonesia, Jakarta.

2.      DKBM Indonesia dan Daftar Pangan Penukarnya
Link Download DKBM Indonesia :
http://suyatno.blog.undip.ac.id/files/2010/04/DKBM-Indonesia.pdf
Link Download Daftar pangan penukar :
http://suyatno.blog.undip.ac.id/files/2010/04/Bahan-Pangan-Penukar.pdf

3.      DKBM Versi USDA
Untuk mengunjungi situs resmi dari USDA anda bisa klik di sini :
Download DKBM versi USDA di bawah ini :
https://gizimu.files.wordpress.com/2011/11/dkbm-versi-usda.xlsx
File dengan format ASCII bisa di download di bawah ini :
http://www.ars.usda.gov/SP2UserFiles/Place/12354500/Data/SR23/dnload/sr23.ZIP
Untuk Format Microsoft Word bisa di download di bawah ini :
http://www.ars.usda.gov/SP2UserFiles/Place/12354500/Data/SR23/dnload/sr23db.ZIP
Untuk Format Microsoft Excel bisa download di bawah ini :
http://www.ars.usda.gov/SP2UserFiles/Place/12354500/Data/SR23/dnload/sr23abxl.ZIP

No comments for "Download DKBM (Daftar Komposisi Bahan Makanan) Indonesia dan Internasional"

loading...
loading...