Akibat Kelebihan dan Kekurangan Vitamin B9 (Asam Folat)

VITAMIN B9 (ASAM FOLAT)
Vitamin B9 atau asam folat adalah jenis vitamin B kompleks yang memiliki sifat mudah larut dalam air, peranannya dalam tubuh sangat penting untuk menunjang kesehatan. Secara umum, asam folat berguna untuk menyehatkan janin yang dikandung oleh ibu hamil agar bayi yang akan lahir tidak mengalami cacat bawaan. Selain itu, asam folat juga diperlukan oleh tubuh untuk memperbanyak produksi sel, menjamin terbentuknya jaringan otot, pembentukan hemoglobin dan menjaga gangguan mental serta emosional.

MAKANAN SUMBER VITAMIN B9 (ASAM FOLAT)
Ada beberapa makanan yang dengan mudah kita temukan disekitar sebagai sumber vitamin B9 (asam folat) yang cukup untuk memenuhi gizi harian tubuh kita. Berikut ini macam-macam makanan yang termasuk kedalam sumber vitamin B9 :
1.      Alpukat
Buah yang memiliki bentuk seperti guci ini layak kita konsumsi tiap hari, baik dijadikan jus ataupun sup buah. Kandungan gizi berupa asam folat dalam secangkir buah alpukat adalah sebanyak 90 mcg (22% memenuhi asupan gizi asam folat tubuh perharinya). Serat merupakan nutrisi penting yang juga terkandung dalam alpukat yang dibutuhkan oleh tubuh.
2.      Jagung
Tanaman yang paling sering ditanaman di sawah pegunungan ini juga menjadi salah satu sumber asam folat. Sekitar 76 mcg asam folat terkandung dalam satu cangkir jagung yang diolah dengan cara dimasak atau direbus.
3.      Seledri
Daun seledri kerap kita jumpai saat makan bubur ayam. Didalamnya tertanam asam folat sebanyak 34 mcg atau setara dengan 8% kebutuhan vitamin B9 harian Anda per satu cangkirnya.
4.      Roti dan sereal
Roti dan sereal adalah makanan olahan yang dibuat oleh manusia. Para produsen makanan jenis ini rela menambahkan gizi berupa vitamin B9 sampai 100%. Jadi, Anda bisa menstok roti dan sereal untuk dijadikan menu sarapan tiap pagi.
5.      Kacang hijau
Salah satu sumber vitamin B9 nabati yang berasal dari kalangan kacang-kacangan adalah kacang hijau. Terdapat sebanyak 101 mcg vitamin B9 setiap takaran 1 cangkir kacang hijau, nilai gizi yang cukup tinggi untuk memenuhi kecukupan gizi berupa vitamin B9 Anda.
6.      Stroberi
Buah segar yang satu ini umumnya menjadi buah primadona bagi anak-anak. Rasanya yang manis segar dilengkapi pula dengan bentuk unik sangat menggugah selera. Di dalamnya terkandung pula beragam nutrisi salah satunya asam folat yang jika dikonsumsi selama masa kehamilan dalam takaran mencukupi dapat mengoptimalkan pertumbuhan janin dan menghindarkannya dari kecacatan.
7.      Pepaya
Selain baik untuk sistem pencernaan, buah pepaya juga kaya akan kandungan asam folat dan sangat disarankan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil untuk menjaga bayi dari ketidaksempurnaan pertumbuhan seperti menghindarkan dari gangguan perkembangan tulang belakang.
8.      Kentang
Jenis pangan satu ini baik dikonsumsi oleh banyak kalangan termasuk penderita diabetes. Hal ini dikarenakan kentang membantu menjaga kadar gula darah dalam tubuh dalam kondisi normal. Selain itu, kandungan asam folat dalam kentang juga sangat bagus dalam rangka meningkatkan ketahanan sistem imunitas tubuh dari berbagai gangguan zat asing yang mengancam tubuh.

FUNGSI VITAMIN B9 (ASAM FOLAT)
Sebagai vitamin yang dibutuhkan untuk menunjang kesehatan tubuh secara keseluruhan. Berikut ini manfaat atau fungsi vitamin B9 untuk kesehatan tubuh secara detail :
1.      Kesehatan Jantung
Jantung manusia dapat bekerja secara optimal dengan bantuan vitamin B9. Jadi, cukupi asupan gizi berupa asam folat Anda agar fungsi jantung Anda bekerja dengan baik untuk menghilangkan homosisten yang bisa menyebabkan terjadinya serangan jantung pada Anda.
2.      Stroke
Selain memicu meningkatnya risiko serangan jantung, homosisten juga menjadi penyebab stroke yang membuat jaringan otak menjadi tak berfungsi alias mati. Selain itu, homosisten juga membuat struktur tulang menjadi lemah sehingga berisiko tinggi terjadinya patah tulang.
3.      Kanker
Berantas pertumbuhan sel-sel kanker dalam tubuh yang bisa membuat Anda menderita dalam waktu lama dikemudian hari. Vitamin B9 (asam folat) adalah solusinya, Anda bisa konsumsi makanan yang menjadi sumber vitamin B9. Vitamin ini bertanggung jawab dalam mencegah kanker serviks, kanker usus besar dan kanker paru-paru.
4.      Vitamin B9 atau asam folat saat ini banyak digunakan untuk mengobati berbagai masalah yang berkaitan dengan ketidakmampuan mentaldan emosional. Misalnya membantu mengurangi kecemasan dan depresi.

AKIBAT KELEBIHAN VITAMIN B9 (ASAM FOLAT)
1.      Insomnia
Ada begitu banyak hal yang mampu menyebabkan timbulnya insomnia. Salah satunya adalah jadwal tidur yang tidak teratur. Hal ini terjadi karena tubuh kelebihan asam folat atau vitamin B9. Kelebihan vitamin jenis ini ternyata dapat menghambat kemampuan seseorang mengatur jadwal tidur tepat waktu. Hal ini dikarenakan tubuh tidak berada dalam kondisi seimbang sebagaimana mestinya.
2.      Ruam
Saat anda menemukan berbagai warna merah ruam pada kulit, padahal tidak sedang mengalami alergi atau terkena gigitan serangga apapun. Sebaiknya anda mulai waspada terhadap jumlah asam folat tubuh. Hal ini dikarenakan salah satu pertanda tubuh kelebihan asam folat adalah timbulnya ruam merah pada permukaan kulit.
3.      Kejang
Gejala ketidakseimbangan kondisi tubuh yang diakibatkan oleh berlebihnya kandungan asam folat di atas normal adalah munculnya gangguan saraf yang berakibat pada munculnya gejala kejang pada penderita.
4.      Kesemutan
Saat tubuh penuh dengan kandungan berlebih asam folat, maka di sisi lain keberadaan vitamin B12 akan semakin terkikis. Terkikisnya vitamin B12 mengakibatkan tubuh menjadi kekurangan vitamin B12 yang merangsang terjadinya kesemutansecara berkala sebagai akibat dari berlimpahnya kandungan asam folat dalam tubuh yang tidak terkontrol sesuai dengan batas normal.
5.      Mati Rasa
Dalam keadaan yang sangat parah jika asam folat terus menerus mengikis keberadaan vitamin B12 maka dalam jangka panjang tubuh akan mengalami kerusakan jaringan yang dapat menyebabkan pada munculnya gejala tubuh mengalami mati rasa dan kehilangan kemampuan dalam merespon rangsang dari luar tubuh serta tidak dapat meneruskan respon rasa pada saraf sebagaimana semestinya.
6.      Mual
Salah satu gejala yang muncul saat tubuh mengalami kelebihan kadar asam folat adalah dengan naiknya jumlah asam lambung yang secara otomatis hal ini akan menimbulkan rangsangan mual serta muntah pada penderita kelebihan asam folat tersebut.
7.      Kelelahan
Kelebihan kadar asam folat akan membuat tubuh senantiasa merasa lebih cepat lelah saat menjalani aktivitas atau kegiatan sehari-hari. Namun anehnya saat anda beristirahat justru gejala lain seperti insomnia akan segera anda rasakan. Oleh karena itu, sebaiknya anda senantiasa lebih peduli pada setiap menu yang dikonsumsi demi tercapainya keseimbangan pasokan nutrisi pada tubuh.
8.      Hipertensi
Kelebihan kadar asam folat juga dapat serta merta mempengaruhi kondisi tekanan darah anda untuk naik lebih tinggi lagi sehingga mengakibatkan hipertensi atau darah tinggi. Hal ini dipastikan karena sistem sirkulasi darah bereaksi terhadap keberadaan asam folat dalam jumlah tinggi dalam tubuh.

AKIBAT KEKURANGAN VITAMIN B9 (ASAM FOLAT)
1.      Anencephaly
Yaitu kelainan dimana otak tidak terbentuk. Ini terjadi pada bayi. Karena bayi yang lahir dengan kelainan otak tidak terbentuk secara normal diakibatkan saat kehamilan sang ibu, asam folat tidak diasup secara benar dan tepat. Kekurangan vitamin B9 inilah akibatnya yang terjadi. Bahkan vitamin B9 ini menurut penelitian setidaknya dikonsumsi 1 bulan sebelum kehamilan. Anencephaly biasanya ditandai dengan tengkorak kepala bayi tidak berkembang maksimal. Sehingga setelah lahir, kepala bayi akan membesar terisi cairan otak dalam beberapa hari. Untuk itu penting mengkonsumsi asam folat di bulan-bulan pertama kehamilan seorang ibu.
2.      Spina Bifida
Yaitu sumbing tulang belakang. Saat bayi dalam kandungan, bayi mengalami perkembangan dalam tumbuh kembangnya. Saat ibu hamil kekurangan vitamin B9 maka pelindung bayi saat di dalam perut ibunya tidak akan membentuk tulang belakang yang melindungi sumsum tulang belakang secara tepat. Karena vitamin B9 inilah diantarkan melalui plasenta ketika sang ibu mengkonsumsi makanan yang mengandung asam folat. Setelah lahir, jika terjadi spina bifida, maka bayi akan tumbuh dan berkembang dengan kecacatan yang ada baik fisik maupun mentalnya. Perlu perhatian khusus tentang konsumsi vitamin B9 ini pada ibu hamil sehingga mengkonsultasikan ke dokter itu penting sekali. Tentu untuk pengambilan suplemen vitamin demi tumbuh kembang janin bayi yang optimal nantinya.
3.      Anemia
Saat tubuh kekurangan asam folat, ternyata gejala yang timbul atau akibat yang bisa terjadi adalah anemia. Kekurangan vitamin B9 dapat membuat kurangnya produksi sel darah merah. Saat sel darah merah berkurang dalam aliran darah, maka pasokan oksigen pun bisa berkurang. Sehingga dengan cepat efeknya akan terasa pada tubuh. Seperti sakit kepala, kelelahan, kulit memucat, kosentrasi menurun, aktifitas harian menjadi lesu, hingga gejala sariawan bisa terjadi. Anemia bisa terjadi lebih buruk dan menimbulkan hipotensi atau tekanan darah rendah. Untuk itu konsultasikan segera ke dokter jika anemia Anda terjadi berlarut-larut.
4.      Diare
Diare adalah masalah penyakit yang cukup menyebalkan. Karena kekurangan asam folat dapat menyebabkan sakit maag dan penyakit di usus lainnya. Sehingga dapat mengakibatkan diare. Diare sendiri berarti membuang air besar lebih banyak dari biasanya dan biasanya mengandung lebih banyak air. Ini disebabkan asam folat yang mengoptimalkan kerja usus tidak dapat terjadi. Seperti penyerapan air dalam usus besar tidak terjadi. Sehingga penderita diare bisa mengalami dehidrasi akut. Jika ini menyerang pada bayi, bisa menyebabkan kematian karena kekurangan cairan dalam tubuhnya. Perlunya mencegah diare tentu dengan pencegahan yang sudah ada namun perlu juga untuk mengkonsumsi vitamin B9 ini agar tubuh tetap prima.
5.      Sariawan
Sariawan adalah penyakit yang menyerang mulut atau kelainan pada mulut karena selaput lendir mengalami luka yang berbentuk putih kekuningan pada permukaannya dan berbentuk benjolan. Jika terserang sariawan, tentu segala aktivitas yang berupa makan dan minum sangat amat terganggu. Kekurangan asam folat dapat menyebabkan sariawan. Walaupun banyak yang mengira bahwa sariawan terjadi karena tubuh kekurangan vitamin C. Ternyata kekurangan asam folat pun dapat memicu sariawan ini. Konsumsi rutin vitamin B kompleks dapat meredakan sariawan, karena sariawan akan hilang pada mulut setidaknya dalam jangka waktu 7 sampai 14 hari.
6.      Lidah Bengkak
Lidah bengkak ini mirip dengan gejala pada sariawan saat tubuh mengalami kekurangan vitamin B9. Lidah bengkak biasanya berwarna keputihan atau mengungu. Lidah yang bengkak mengalami gejala adanya fungsi lidah yang terganggu, tidak mampu merasakan rasa pada umumnya. Atau lidah menjadi kasar dan pecah-pecah sehingga bagian tenggorokan pun terasa sakit untuk menelan. Hal ini terjadi saat asam folat kurang dikonsumsi sehingga metabolisme tubuh untuk menjaga fungsi tubuh yang sering digunakan seperti lidah tidak dapat terjadi. Bisa juga lidah bengkak ini disertai dengan sariawan. Bisa menjangkiti pada siapa saja, baik usia muda atau dewasa.
7.      Bayi Lahir Cacat
Suplemen yang dikonsumsi dalam kehamilan tentu harus tepat dan cocok. Untuk itu mencegah bayi lahir cacat. Karena jika asam folat tidak terpenuhi dengan tepat, maka bayi lahir cacat akan banyak sekali kasusnya. Pemenuhan asam folat ini bisa alami ataupun sintesis. Wanita yang hamil lebih baik mengkonsumsi asam folat sebanyak 200 mcg sampai 400 mcg perhari. Jika ragu, konsultasikan lagi ke dokter kandungan Anda agar dosis asam folat yang Anda konsumsi tidak berlebihan atau kekurangan.

2 comments for "Akibat Kelebihan dan Kekurangan Vitamin B9 (Asam Folat)"

  1. Pengakuan tulus dari: FATIMAH TKI, kerja di Singapura

    Saya mau mengucapkan terimakasih yg tidak terhingga
    Serta penghargaan & rasa kagum yg setinggi-tingginya
    kepada KY FATULLOH saya sudah kerja sebagai TKI
    selama 5 tahun Disingapura dengan gaji Rp 3.5jt/bln
    Tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari
    Apalagi setiap bulan Harus mengirimi Ortu di indon
    Saya mengetahui situs KY FATULLOH sebenarnya sdh lama
    dan jg nama besar Beliau
    tapi saya termasuk orang yg tidak terlalu yakin
    dengan hal gaib. Karna terdesak masalah ekonomi
    apalagi di negri orang akhirnya saya coba tlp beliau
    Saya bilang saya terlantar disingapur
    tidak ada ongkos pulang.
    dan KY FATULLOH menjelaskan persaratanya.
    setelah saya kirim biaya ritualnya.
    beliau menyuruh saya untuk menunggu
    sekitar 3jam. dan pas waktu yg di janjikan beliau menghubungi
    dan memberikan no.togel "8924"mulanya saya ragu2
    apa mungkin angka ini akan jp. tapi hanya inilah jlnnya.
    dengan penuh pengharapan saya BET 200 lembar
    gaji bulan ini. dan saya benar2 tidak percaya & hampir pingsan
    angka yg diberikan 8924 ternyata benar2 Jackpot….!!!
    dapat BLT 500jt, sekali lagi terima kasih banyak KY
    sudah kapok kerja jadi TKI, rencana minggu depan mau pulang
    Buat KY,saya tidak akan lupa bantuan & budi baik KY.
    Demikian kisah nyata dari saya tanpa rekayasa.
    Buat Saudaraku yg mau mendapat modal dengan cepat

    ~~~Hub;~~~

    Call: 0823 5329 5783

    WhatsApp: +6282353295783

    Yang Punya Room Trimakasih

    ----------

    ReplyDelete
  2. Pengakuan tulus dari: FATIMAH TKI, kerja di Singapura

    Saya mau mengucapkan terimakasih yg tidak terhingga
    Serta penghargaan & rasa kagum yg setinggi-tingginya
    kepada KY FATULLOH saya sudah kerja sebagai TKI
    selama 5 tahun Disingapura dengan gaji Rp 3.5jt/bln
    Tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari
    Apalagi setiap bulan Harus mengirimi Ortu di indon
    Saya mengetahui situs KY FATULLOH sebenarnya sdh lama
    dan jg nama besar Beliau
    tapi saya termasuk orang yg tidak terlalu yakin
    dengan hal gaib. Karna terdesak masalah ekonomi
    apalagi di negri orang akhirnya saya coba tlp beliau
    Saya bilang saya terlantar disingapur
    tidak ada ongkos pulang.
    dan KY FATULLOH menjelaskan persaratanya.
    setelah saya kirim biaya ritualnya.
    beliau menyuruh saya untuk menunggu
    sekitar 3jam. dan pas waktu yg di janjikan beliau menghubungi
    dan memberikan no.togel "8924"mulanya saya ragu2
    apa mungkin angka ini akan jp. tapi hanya inilah jlnnya.
    dengan penuh pengharapan saya BET 200 lembar
    gaji bulan ini. dan saya benar2 tidak percaya & hampir pingsan
    angka yg diberikan 8924 ternyata benar2 Jackpot….!!!
    dapat BLT 500jt, sekali lagi terima kasih banyak KY
    sudah kapok kerja jadi TKI, rencana minggu depan mau pulang
    Buat KY,saya tidak akan lupa bantuan & budi baik KY.
    Demikian kisah nyata dari saya tanpa rekayasa.
    Buat Saudaraku yg mau mendapat modal dengan cepat

    ~~~Hub;~~~

    Call: 0823 5329 5783

    WhatsApp: +6282353295783

    Yang Punya Room Trimakasih

    ----------

    ReplyDelete

Post a Comment

loading...
loading...